NOAH Seperti Seharusnya ^special page

noah-seperti-seharusnya-booklet.jpg

NOAH – Seperti Seharusnya

Artis: NOAH

Album yang dirilis lewat jalur KFC Indonesia ini akan menjawab semua keraguan terhadap band fenomenal ini. Juga akan menjadi tantangan bagi NOAH untuk kembali berkarya di musik Indonesia.

Secara musik album baru NOAH ‘Seperti Seharusnya’ ini banyak mengalami pelebaran ide dan konsep awal album ini yang sudah sempat mau dirilis di tahun 2010.

Adaptasi sound dan vokal Ariel menjadi beberapa perubahan di album ini.
Peran David menjadi sangat penting di album ini dengan balutan nada-nada yang manis membingkai musik yang digarap apik oleh Uki, Lukman, Reza serta beberapa additional pemain bas. Ada tiga nama pemain bass yang ikut mengisi album ini, Boyi Tondo, Lanlan, serta Ihsan.
Vokal Ariel makin matang. Ariel sendiri mengakui ada dua lagu yang direkam di tahun 2012 yang membuatnya butuh adaptasi. Isian gitar Uki dan Lukman bersahutan memberi ruang dalam tiap lagu. Saling mengisi dengan porsi yang pas.

Ada keberanian untuk melahirkan sound-sound baru yang masih bermuara ke musik-musik Inggris dan Eropa.
Berikut adalah penjelasan vokalis Ariel mewakili NOAH yang secara khusus menjelaskan setiap lagu di album Seperti Seharusnya [2012]:

Raja Negeriku
Song & Lyric: Ariel & Uki

”Awalnya lagu ini berjudul ’Revolusi,’ lagu kami kembalikan ke tema awalnya. Lagu ini seperti mengadu. Dia tidak mengajari. Seperti mengajak orang-orang untuk mengingat tentang Indonesia. Ini lagu lama, sudah 3 tahun lalu. Lagu tentang kondisi negeri kita ini. Yang dimaksud di lagu ini adalah untuk Bung Karno. Setiap lirik berbeda dari tiap song 1, song 2, dan song 3. Seperti song 1 mengingat ke Bung Karno, bersuara untuk kau Raja Negeriku. Ada 3 kutipan pidato Bung Karno di lagu, karena kami di NOAH mendengar dan melihat video pidato beliau begitu tergugah. Bangkit rasa nasionalisme kami menyimak pidota Bung Karno. Dan rasanya itu perlu untuk ditularkan ke pendengar album ini. Ini tema pertama diluar cinta dan Ketuhanan bagi saya dan teman-teman band. Saya banyak ngobrol dengan Uki saat membuat lagu ini, ada yang aneh dengan bangsa kita belakangan ini. Sering menganggap remeh bangsa kita sendiri dan kadang minder. Sementara Bung Karno selalu mengedepankan nasionalisme yang kuat. Dulu kita seperti bangga sekali dengan negeri ini, kok sekarang seperti luntur. Ya, ini seperti bersuara untuk Raja Negeriku. Di lagu ini selain ada 3 pidato Bung Karno [“Pidato sebulan setelah dekrit Presiden”, “63 genta suara revolusi” serta “Kembali ke NKRI”] juga ada “paduan suara” crowd dari 200 orang penghuni rumah tahanan Kebonwaru, teman-teman Ariel saat dipenjara di Bandung.
Perih tangismu, perih jiwamu. Tersisihkan oleh kawanan hitam. Oh semua telah menanti. Bersuara untuk mereka. Raja Negeriku, kau telah lama terdiam…

Jika Engkau
Song: Lukman Lyric: Ariel

”Lagu dengan intro musik tradisional. Lirik di lagu masuknya belakangan. Pada awalnya Lukman yang punya ide lagu ini memasukkan suara gitarnya dengan nada gamelan. Saat petikan gitar itu muncul ide, kami coba masukan ke lagu, ternyata bisa nyambung. Sekalian saja akhirnya kami mencari sound gamelan Bali di lagu ini. Kami suka dengan ide dan proses awal lagu ini tercipta.”

Jika engkau pergi, hilang dariku. Meninggalkan mimpi dalam tidurku. Bersamamu dan tanpamu.
Separuh Aku
Song & Lyric: David & Ihsan

”Komposisi megah yang menjadi single pertama adalah lagu David dan Ihsan. Awalnya lagu ini kurang terlihat. Ada usaha-usaha David yang mencoba meyakinkan kami untuk memasukan lagu ini. Saya kemudian bawa ke Ibu Acin dan setelah mengalami perubahan akhirnya bisa diterima yang lainnya. Kami bikin aransemen bersama untuk lagu ini sampai akhirnya lagu ’Separuh Aku’ dari David dan Ihsan bisa seperti ini.”
Dengar laraku, suara hati ini memanggil namamu. Karena separuh aku menyentuh laramu.

Hidup Untukmu Mati Tanpamu
Song: Ariel & Lyric: Ryan d’Masiv

”Lagu yang saya buat ini tercipta lama sekali, sudah ada saat pembuatan saat album Hari Yang Cerah. Cuma dari tahun itu sampai 2009 bingung di bagian lirik. Buntu. Tiap memberi ide dan tema lirik selalu tidak dapat yang sesuai. Sampai 5 bulan membuat lirik lagu ini akhirnya saya menyerah. Akhirnya saya meminta penulis lirik lagu lain untuk mencoba merampungkan lagunya. Terpilih nama Ryan, vokalis d’Masiv. Awalnya saya merasa tidak terbiasa melihat dan menyimak lirik lagu Ryan, dan gaya bahasanya. Namun akhirnya kenapa kami tidak mencoba dulu take vokal dengan lirik dari Ryan. Ternyata tidak ada masalah ketika saya bawakan. Saya sendiri tidak ada beban menyanyikan lagu dengan penulis lirik orang lain.”
Tak pernah kumengeri, aku segila ini. Aku hidup untukmu, aku mati tanpamu. Tak pernah kusadari, aku sebodoh ini. Aku hidup untukmu, aku mati tanpamu.

Ini Cinta
Song & Lyric: Ariel

“Saya ingat membuat lagu ‘Ini Cinta’ hanya dengan gitar akustik dan sekaligus menuliskan liriknya. Musiknya saya kembalikan ke Uki, Lukman, Reza serta David. Pesan saya adalah agar lagu ini tetap tenang, karena tema tentang makna cinta untuk lagu ini harus diimbangi dengan musik yang tenang dan selaras.”

Tatap jelas mataku, jangan ragukan itu. Lihat dalam mataku, kaulah lamunan itu. Ini cinta, bukan yang lainnya…

Terbangun Sendiri
Song & Lyric: Ariel

”Lagu yang direkam setelah saya keluar dari penjara. Perbedaan vokal terasa di lagu ’Terbangun Sendiri’ kalau dibandingkan dengan lagu lain yang direkam sebelum saya dipenjara. Memang kurang maksimal, tapi untungnya lagunya sendiri ringan. Tidak menuntut untuk maksimal. Singkatnya di lagu ini bercerita tentang orang yang merasa sendirian… Dia berbicara dengan Tuhan. Ini lagu doa.
Nanti di video klip akan kami perlihatkan visualnya dengan jelas.”

Aku tak ingin terbangun, terbangun sendiri. Aku tak ingin terjaga, terjaga tanpamu. Kurangi, kurangi lukaku. Oh… Temani sepiku…

Sendiri Lagi
Song & Lyric: Ryan Kyoto

”Lagu ’Sendiri Lagi’ adalah lagu lama dari Ryan Kyoto [pencipta lagu lama] yang pernah dibawakan oleh Chrisye. Ini ide dari label untuk membawakan satu lagu cover version.

Mungkin melihat suksesnya lagu ’Kisah Cintaku’ yang kami bawakan di album Sebuah Nama, Sebuah Cerita maka ide ini muncul. Awalnya ada penolakan keras dari kami yang enggan mengulang konsep itu lagi. Namun setelah dipikir-pikir ada misi lain. Ya ini seperti solidartitas sesama pencipta lagu. Kami perlu merasa menggaungkan kembali warna pencipta lagu senior. Makanya kami kemudian tertarik untuk mengenalkan lagu lama Ryan Kyoto ini lewat album ini. Dengan banyak pemikiran akhirnya kami coba. Kalau pilihan lagu datang dari Ibu Acin. Kami sempat bilang belum terima ide ini, tapi akan kami coba dahulu. Setelah direkam ternyata kami suka, dan masuklah lagu ’Sendiri Lagi’. Ini lagu bagus dan sangat menyenangkan mengerjakan lagu ini. Lagu ini direkam ulang lagi di tahun 2012.”
Tinggalah kusendiri dalam sepi ini. Tiada temanku lagi.Tak sanggup hati ini, sendiri begini tanpa dirimu kasih.

Demi Kita
Song & Lyric: Lukman

”Lagu dan lirik oleh Lukman. Ada warna U2 di lagu ini. Awalnya lagu ini memang sangat keras, penuh dengan distorsi. Aransemen saya serahkan ke anak-anak. Saya cuma mencoba masuk beradaptasi ke dalam lirik di lagu ini yang penuh distorsi.”
Dimanakah cinta, sentuhlah hatinya…

Tak Lagi Sama
Song & Lyric: David & Ihsan

”Lagu direkam setelah saya keluar dari penjara. Lagu yang sampai awal September 2012 masih kami revisi untuk penambahan detil dan kekurangan lain. Pada saat saya di penjara David berkunjung dan memasukan lagu ini entah sengaja atau tidak, bersama lagu “Dara” dimana dia juga ikut membantu merampungkan lagu single saya itu. Saya tanya ke David, ini lagu siapa. Mau ditawarkan buat album baru? Dia jawab enggak, cuma lagu coba-coba bikin, terus saya bilang ini lagu bagus. Saya bilang soal lagu ini ke Ibu Acin bahwa lagu David ini suasananya berbeda. Dalam satu album perlu dinamika, dan lagu ’Tak Lagi Sama’ cocok di album ini untuk melengkapi dinamika lagu-lagu lain di album Seperti Seharusnya.”
Dan diriku bukanlah aku. Tanpa kamu tuk memelukku. Kau melengkapiku, kau sempurnakan aku…

Puisi Adinda
Song & Lyric: Ariel

”Tadinya lagu ‘Puisi Adinda’ ingin jadi lagu tersembunyi istilahnya hidden track. Tapi kemudian di tahun sekarang kaset sudah tidak rilis lagi. Dulu saya ingat saat SMP dengerin album Suede, ada satu saat saya diam setelah menyimak album Suede itu tiba-tiba muncul suara. Masih ada lagu yang tidak masuk dalam daftar lagu di kaset. Itu senangnya minta ampun. Tadinya mau seperti itu. Tapi ini kan cuma bisa terjadi di kaset. Kalau di CD track lagu terbaca. Ya sudahlah jadi lagu bukan hidden track. Kami masukan suara hewan jangkrik di track 10. Suara jangkrik ini untuk membuat jembatan menuju nuansa hening ke lagu “Puisi Adinda.” Jadi ini bukan lagu “Dara” part 2, ini lagu sudah ada duluan sebelum “Dara” saya tulis. Lagu ini saya tulis tahun 2009.”
Dan kuharap kekasih. Tak perlu bertengkar lagi. Tak perlu menangis lagi. Biarkan kita mengalir sampai nanti…

Thanks to Musica Studio’s

https://itunes.apple.com/id/album/seperti-seharusnya/id559995268

78 thoughts on “NOAH Seperti Seharusnya ^special page

  1. We want to start a celebrity blog, like Perez Hilton. But how do we create a blog, with two people writing? Also how do we get celebrity gossip? We would like to know all the steps to get this blog popular in the world and how to start it..

  2. I’m having some problems with Firefox, so I want to uninstall it and then reinstall it. But I want to save all my bookmarks, so can I save my bookmarks to my computer, and then import them back to Firefox once I reinstall it? Thanks for the help..

  3. Ok so I have looked around a lot on this matter and I keep finding stuff like VNC (or VNSea) that allows you to access the computers on your WiFi network, but all of these require you to install something onto the computer itself. Is there a way to access the computer WITHOUT even touching the computer?. . Thanks in advance!.

  4. I am a business man dealing in direct marketing. I need to start a blog for my business purposes. For this I hope I do not have to have an exclusive web site. Kindly advise about books where the fundamentals are explained..

  5. GoDaddy tech support is so frustrating. First, I used their applications panel to install joomla, but when I uploaded my local site via ftp, it didn’t work. I called GoDaddy support and they do not give support for migrating a local site to their host. You just have to build it from scratch from their installation. That stinks. Solutions?.

  6. What are the skills that I need to run a website business, I want to display some useful info on my site to earn money. I am not talking about designing part, I know how to launch a website but don’t know how to get advertisements from companies, marketing, managing, updating, customer service and there are many more things that we need to run a website business or any other business in which we are selling our services. Do I need to do any kind of course. Do I need to hire staff for it. Please help thanks..

  7. Hi,. . I want to post directly to my wordpress blog from my desktop, specifically from Command prompt. . . I know there is a protocol called xml-rpc, but that is of no help to me, as I don’t know what on earth it is. Any help would be appreciated..

  8. How do I restore my computer to an earlier time when the “Restore” feature on my computer is not working. I have tried over a dozen times to restore my computer and I keep getting the error message “computer could not be restored to this date. No changes have been made. Try another date.” Try another date the same thing happens.. . All of my personal files were deleted from my computer and I want to get them back. Have no clue how this happened. Checked the recycle bin and none of them were there. It is as if they simply disappeared off my computer. Please help. Thank you!.

  9. I do not even understand how I stopped up right here, but I thought this submit used to be great. I do not understand who you might be but definitely you are going to a famous blogger in the event you are not already. Cheers!|

  10. Excellent site you have here but I was curious about if you knew of any user discussion forums that cover the same topics discussed in this article? I’d really love to be a part of group where I can get advice from other knowledgeable individuals that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know. Thank you!|

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s