Sholat Bersama Setan

Sealim-alimnya orang, selebat-lebatnya brewok orang tetap saja yang namanya setan bakalan ganggu. Gak tanggung-tanggung, bahkan pas sholat pun mereka gak istirahat… Ganggu melulu. Seperti Bob Marley bilang, “Aku tidak ingin libur, karena orang-orang jahat tidak mengambil hari libur.”
image

Semua orang pasti pernah mengalami beberapa kejadian dibawah ini. Ada beberapa yang gue alami sendiri, cekicrot.

1. Orang yang was-was dalam niat

Orang yang pertama adalah orang yang was-was dalam niat saat akan sholat. Biasanya orang yang was-was ini adalah orang yang ragu terkait rukun sholat yang akan dijalankannya sehingga bisa membuat orang tersebut lupa jumlah rakaat dan juga lupa bacaan sholat. Jika kamu mengalami hal ini, berarti kamu sedang sholat bersama dengan setan yang menggoda.

2. Orang yang ingat itu dan ini

Orang yang ingat ini dan itu juga termasuk orang yang sholat bersama dengan setan. Pernah ada cerita pada saat Imam Hanafi masih hidup. Ia menceritakan ada seseorang yang datang padanya dan mengatakan jika ia lupa meletakan barang miliknya.

Lalu, Imam Hanafi menyuruhnya sholat dengan khusuk sepanjang malam dan berdoa kepada Allah SWT.  Akhirnya baru saja setengah malam berdoa, ia sudah bisa mengingat di mana ia meletakan barang tersebut.

Kemudian, ia bertanya lagi dengan Imam Hanafi kenapa bisa demikian. Imam Hanafi pun menjawab jika setan tidak akan pernah mau membiarkan seorang hamba sholat dengan khusuk, sehingga setan akan membuat manusia yang sholatnya khusuk untuk mengingat hal-hal yang di lupakannya saat sholat.

3. Orang yang merasa ragu buang angin

Hampir semua orang pernah mengalami hal ini. Saat selesai wudhu biasanya merasa tiba-tiba seperti buang angin, sehingga orang akan merasa ragu untuk melaksanakan sholat. Tapi ternyata itu merupakan godaan setan agar dapat mengacaukan sholat seseorang.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Jika salah seorang di antara kalian merasakan hal itu, maka janganlah membatalkan shalatnya hingga dia mendengar suaranya atau mencium baunya tanpa ragu.”(H.R Ahmad)

4. Orang yang tidak fokus pada sholat

Orang yang tidak fokus pada sholatnya juga termasuk orang yang sholat bersama dengan setan. Tidak fokus bisa saja pikiran kita berada ke hal lain seperti memikirkan balasan sms dari pacar, atau memikirkan ujian besok, dan masih banyak lagi.

5. Orang yang sholatnya tergesa-gesa

Orang yang sholatnya tergesa-gesa juga termasuk orang yang sholat bersama setan. Biasanya ini dirasakan saat ingin mengerjakan sesuatu sehingga ia pun mengerjakan sholat dengan cepat takut sesuatu yang ingin dikerjakannya tidak dapat diselesaikan.

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda :

“Sejahat-jahat pencuri adalah yang mencuri dari shalatnya”. Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana mencuri dari sholat?”. Rasulullah berkata, “Dia tidak sempurnakan ruku dan sujudnya” (H.R Ahmad)

6. Wanita yang shalat ke masjid menggunakan wangi-wangian

Lalu yang terakhir adalah wanita yang sholat ke masjid menggunakan wangi-wangian. Rasulullah SAW melarang kaum hawa untuk menggunakan wewangian saat akan pergi ke masjid. Ini karena aroma bau wangi itu dapat mengundang setan untuk membuat wanita itu sholatnya tidak khusuk.

Nah, orang-orang diatas adalah orang yang mengerjakan sholat bersama setan. Hati-hatilah saat akan mengerjakan sholat. Bisa jadi sholat yang kamu kerjakan itu sholatnya bersama setan.

Tapi dari enam poin tersebut, gue sering banget ngalamin yang nomer tiga. Biasanya kejadian setelah gue kelar wudhu sebelum sholat jum’at. Tapi kayaknya usaha mereka (setan) sia-sia, karena kalau batal ya tinggal wudhu lagi… Lagian airnya juga banyak kok.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s