Enaknya Kerja di StartUp

Hampir setiap orang punya impian untuk bekerja di perusahaan bergengsi dengan gaji 8 digit, termasuk gue. Ada pula yang pengen dapet uang pensiun dan prestise dengan menjadi pegawai negeri.

Tak sedikit pula yang bercita-cita menjadi entrepreneur sukses. Semua impian itu sah-sah saja, kok.

Tapi sejak dari awal masuk kuliah dulu, gue gak pernah tertarik buat jadi pegawai negeri.

Kenapa? karena gue suka kebebasan, gue mau kerja di tempat dimana karyawannya boleh panjangin rambutnya (sampe dengkul kalo perlu), gue gak suka pake setelan kerja yang sumpeknya minta ampun.

Mungkin salah satu impian orang-orang aneh macem gue ini kerja di Google, Facebook or Gameloft. Nama terakhir sudah punya cabang di Yogyakarta…. ayeeyy.

Tapi kayaknya susah deh kerja di tiga tempat tadi…

Tapi gak masalah, karena gue akhirnya kerja juga di StartUp untuk saat ini. Sebuah tempat kerja yang lebih mirip tempat hangout kalo dipikir pikir.

Buat yang masih ragu untuk mencoba berkarir di perusahaan startup, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kalian dapetin.

1. Range kerja yang cukup luas
Startup biasanya terdiri dari tim dengan jumlah karyawan yang sangat terbatas dan ini berarti setiap orang memiliki spesifikasi tanggung jawab yang lebih luas daripada karyawan di perusahaan besar.

image

Dan hal ini gue alamin, gue megang salah satu posisi penting… padahal gue waktu itu masih magang disana (mungkin karena pesona gue)

Disana setiap orang seperti penentu arah gerak perusahaan, meleng dikit aja bisa bubar project yang sedang dikerjain

Gue jadi punya lebih banyak tugas dan tanggung jawab, namun dengan cara ini gue akhirnya bisa mempelajari lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu gue juga lebih terlatih untuk mengelola waktu dan mengatur prioritas.

2. Tajamnya kreativitas
Salah satu masalah utama yang dihadapi startup adalah keterbatasan dana. Begitu banyak hal yang harus dikejar dengan anggaran seadanya.

Karena hal ini gue dan tim, dulu terpaksa muter otak buat cari jalan keluar. Secara otomatis kami akan jadi lebih kreatif untuk mengakali anggaran yang minim.

3. Go to hell with your rules
Karena masih baru berdiri, biasanya belum ada peraturan mengikat mengenai jam masuk dan pulang atau etika berbusana di kantor.

Meskipun kalau di tempat kerja gue sampai kapanpun bakalan bebas masalah berbusana.

Pengaturan seperti ini cocok buat elo pada yang tidak suka terikat peraturan serba formal seperti di perusahaan besar dan instansi pemerintah.

image

Gue aja biasanya masuk kerja pake celana sama sepatu belel yang gak pernah ganti, satu lagi jangan kaget kalo ada banyak cewek yang lebih cocok jadi model berkeliaran di kantor.

4. Rekan kerja seperti keluarga
Kecil kemungkinannya menemui konflik antar golongan dan departemen atau politik dalam tubuh perusahaan.

Menurut pengalaman gue, kami yang kerja di startup lebih terlihat seperti temen nongkrong dibandingin temen kerja.

Jangan heran deh, kalo banyak yang cinlok.

5. Bigger Chance
Setiap orang punya kesempatan yang jauh lebih besar untuk menduduki posisi penting.

Tidak seperti persaingan di perusahaan besar atau instansi pemerintah, kita bakal ngadepin tingkat kompetisi yang lebih terbatas, namun lebih fair.

Untuk naik ke posisi yang lebih tinggi dalam sebuah startup biasanya tak butuh waktu sampai bertahun-tahun.

Gue nih contohnya, baru satu setengah tahun dah naik.

6. Mandiri
Bekerja dengan sumber daya yang terbatas seringnya membuat pegawai startup mau tak mau jadi lebih mandiri.

Gak ada OB yang bisa dimintai tolong ini itu, misal beli makanan atau mencetak dan menggandakan dokumen. Jadi setiap orang harus bisa ngerjain tugas-tugas sepele itu.

Dan hal paling keren yang gue alamin adalah suasana kerja yang sangat santai, startup sangat paham bahwa tekanan tak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Perlu ritme yang lebih slow agar semua kreativitas setiap orang tumbuh.

Pada akhirnya kerja di startup adalah sebuah pondasi sebelum, mungkin dimasa depan kalian bakal kerja di tempat yang lebih prestis.

3 thoughts on “Enaknya Kerja di StartUp

Tinggalkan Balasan

