Be Authentic

Kita semua menganggap diri kita sebagai orang yang otentik, berjuang untuk menjadi sesuatu…mungkin versi terbaik dari diri kita, bahwa kita bisa. Setiap hari kita menjadi lebih kuat, lebih bijaksana, lebih membumi, lebih mencintai dan percaya diri.

Ini tidak mudah menjadi orang otentik, dan dibutuhkan keberanian untuk berdiri untuk diri sendiri dan untuk keinginan dan kebutuhan diri sendiri. Untuk mengikuti suara hati dan keinginan dapat menjadi perjuangan yang berat. Apalagi dogma sosial dan agama yang telah dipercayakan pada kita.

image

Setelah bekerja keras untuk diri sendiri, kadang seseorang dihadapkan dengan tantangan untuk menemukan jati diri, apa yang benar-benar kita cari dari dunia ini.
Orang yang otentik, telah menguasai sifat-sifat ini dan tetap setia pada kata hati mereka tidak peduli seberapa jauh jalan yang harus ditempuh.

1.Mereka berpikir sebelum berbicara
Orang yang otentik tidak dikendalikan oleh emosi mereka dan mereka tahu bagaimana menilai situasi sebelum memberikan keputusan.

2. Mereka berbicara untuk apa yang benar
Bukan untuk apa yang populer,
Berdiri untuk apa yang benar tidak selalu mudah untuk dilakukan, terutama ketika yang dihadapi adalah rekan-rekan dan sesepuh yang berpikir berbeda. Dibutuhkan kepercayaan diri dan keberanian untuk berdiri teguh dalam menghadapi penolakan.

3. Mereka menikmati percakapan dengan kedalaman

image

Orang otentik tidak terpikat oleh sensasi mainstream, itu gadis berikutnya atau cowok atau buzz terbaru di media. Mereka merindukan percakapan yang mendalam dan bermakna. Mereka ingin menjelajahi pikiran, hati dan jiwa orang lain.

4. Mereka tidak memperhatikan gosip atau drama
Dikatakan bahwa gosip berhenti setelah bertemu dengan telinga yang bijaksana, dan gosip selalu berhenti dengan orang yang otentik. Mereka tidak mengambil isu ini dari orang yang memilih berbicara panjang lebar lalu menghakimi yang lain.
Cukup sering kita akan menemukan kata-kata berbalik seperti bumerang ketika mencoba untuk menyebarkan gosip, kepada orang yang otentik.

5. Mereka nyaman sendirian

image

Orang otentik nyaman saja dalam kesendiriannya karena mereka berada dalam posisi nyaman dan menyukai ketenangan tanpa berusaha untuk menjauh dari lingkungan…karena jika tidak, kesendirian akan berubah menjadi kesepian dan kehampaan.

6. Mereka menghargai hidup sebagai pengalaman daripada koleksi barang.

image

Orang otentik menghargai masing-masing pilihan hidup dan memahami bahwa hal-hal terbaik dalam hidup tidak dapat dibeli atau dijual.
Hidup mereka adalah tentang hidup, peduli, mencintai dan memberi, tidak memiliki, mengambil, meminta dan mengharapkan.

7. Mereka muncul sebagai seorang introvert, tapi sangat luwes saat bergaul
Orang otentik menganggap waktu sendirian untuk mengisi ulang daya kehidupan dan mengisi energi mereka. Mereka sering terlampau pendiam mengenai hal hal menyangkut sesuatu yang sensitif, tetapi ketika muncul dalam sebuah acara, mereka bisa sangat terbuka dan ramah. Terlalu banyak waktu di lingkaran sosial akan menguras energinya, dan kemungkinan akan menjadi sebuah alasan untuk malam yang santai bagus di rumah.

8. Mereka benar-benar berharap untuk kesuksesan orang lain
Orang otentik tidak diam-diam berharap bagi orang lain untuk gagal atau menjadi cemburu untuk keberhasilan orang di sekitar mereka. Mereka benar-benar ingin melihat orang-orang bahagia dan sehat, hidup dan penuh kasih pada kehidupan mereka.

9. Percaya dan mendengarkan naluri mereka

image

Orang otentik tahu bagaimana untuk mendengarkan diri mereka sendiri dan dapat menghargai saat-saat di mana mereka tidak mempunyai kesempatan seperti yang diperoleh orang lain.

10. Mereka mengikuti kata hati mereka

image

Orang otentik mengikuti hati mereka tidak peduli seberapa jauh, seberapa gila dan berapa banyak bisa melukai.
Mereka memahami bahwa hati mereka guru terbaik mereka.

11. Mereka berdiri keluar dari kerumunan
Orang otentik tidak mencari popularitas, mereka menonjol untuk keunikan mereka sendiri. Tidak ada yang diminta, tidak ada pengharapan itu hanya terjadi. Ketika seseorang hidup jujur ​​pada diri sendiri, dia menjadi eksentrik, unik dan riang itu yang terjadi!

12. Mereka mencintai diri sendiri terlebih dahulu
Orang otentik tahu bahwa tidak ada cara untuk menjadi mercusuar cahaya atau inspirasi kepada orang lain kecuali mereka dapat memimpin dengan contoh. Untuk mengasihi orang lain dan menerima satu sama lain tidak peduli siapapun itu, yang berawal dari mencintai dan menerima diri kita sendiri. Ini adalah satu-satunya cara.

13. Mereka melakukan hal-hal dengan cara mereka sendiri

image

Orang otentik tidak peduli bagaimana seharusnya sesuatu dilakukan, kegembiraan dalam hidup adalah belajar, dan belajar dengan cara unik kita sendiri.

14. Mereka melihat nilai dalam kehidupan
Semua kehidupan memiliki nilai, tidak ada yang lebih dari yang lain, dari serangga terkecil ke mamalia terbesar, kita berada di bumi ini bersama-sama dan semua kehidupan memiliki makna.

15. Mereka melihat sesuatu di bawah permukaan
Orang otentik tidak fokus pada apa yang ada di permukaan, dan mereka lebih memilih untuk melihat sesuatu yang tersembunyi di bawahnya. Mereka cukup sering tidak mengambil kata-kata pada nilai nominal, dan mereka dapat mendengar emosi dibalik kata-kata yang diucapkan. Ini adalah apa yang mereka mendengarkan.

16. Mereka tidak tersinggung

image

Orang otentik tahu bahwa ketika seseorang kasar, kritis atau benar-benar menyakitkan sesungguhnya ia memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan tentang orang lain daripada yang dilakukannya kepada dirinya sendiri. Orang otentik selalu berempati dengan orang lain dan menunjukkan rasa pengertian, tidak peduli kata-kata yang diucapkan.

17. Mereka yang menentukan, kalem dan observator
Orang otentik selalu memiliki rencana, tujuan dan aspirasi bahkan jika hanya mengikuti arus.

18. Mereka membuat jalan mereka sendiri
Orang otentik ingin melakukan apa yang belum pernah dilakukan, melihat apa yang belum pernah terlihat dan mencapai sebuah titik di mana tidak ada yang pernah berpikir mungkin. Kadang-kadang, mereka diam-diam menikmati sesuatu yang dapat membuktikan kepada orang lain bahwa itu BISA dilakukan.

19. Mereka tidak pernah palsu

image

Orang yang otentik tidak akan memberitahu orang lain apa yang ingin mereka dengar, hanya karena orang ini ingin mendengarnya. Mereka akan berempati dengan sesama dan memberikan kebenaran yang menyakitkan ketika seseorang siap untuk itu.

20. Mereka selalu bersyukur
Mereka tahu bahwa kunci kelimpahan adalah dengan cara bersyukur. Semakin banyak orang mengharapkan sesuatu, yang dapat mereka lihat hanyalah kekurangan.

21. Mereka melihat dunia dari perspektif yang lebih tinggi
Ketika seseorang hidup jujur ​​pada diri sendiri, dengan cinta, harapan, kekuatan, keberanian dan komitmen tak akan ada pertolongan tanpa melihat dunia dari pandangan yang lebih perspektif. Kita telah membangun sebuah gunung yang kuat dan tegas, kita tidak bisa menunggu untuk membantu orang lain naik ke atas.

Tulisan ini ditulis karena saya baru saja berulang tahun yang ke 24, selama ini saya menjalani hidup dengan cara yang otentik, mengabaikan trend yang sedang booming dan mencoba menjadi diri sendiri. Itulah awal mula ide tulisan ini berawal. Mungkin terlihat agak kaku kosa kata gue elo sengaja ditiadakan di artikel ini agar pesan yang ingin saya sampaikan dapat diterima sebagai tulisan orang yang sudah dewasa dan tidak berlagak sok gaul :p

Thanks buat LJ Vanier yang telah banyak menginspirasi tulisan saya, be authentic guys…

Iklan

19 thoughts on “Be Authentic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s