NOAH ‘Hero’: Kebebasan yang Diselingkuhi oleh Kekerasan

Setahun sudah NOAH meluncurkan single Hero, sebuah lagu yang dilengkapi dengan sebuah video klip yang mengagumkan. Sebuah video klip yang punya banyak makna untuk dicerna. Apa makna video klip Hero bagi musik Indonesia?

Felipe Soares selaku sutradara memang tak menampilkan satupun sosok superhero disini. Namun, secara sederhana dia hanya mengambil sebuah gambaran tentang kondisi dunia akhir-akhir ini. Tentang kebebasan yang ‘diselingkuhi’ oleh tindakan kekerasan.

Video klip ini menampilkan berbagai macam simbol yang menandakan kebebasan, kekerasan dan kepahlawanan. Saat Ariel tampil dalam sebuah ruangan, terdapat beberapa kurungan ayam, menandakan kalau dirinya kini telah terlepas dari sebuah permasalahan dan siap berkarya lagi.

Saya baca di internet, ternyata video klip ini dirilis tepat di momen dimana Ariel telah resmi bebas dari jeratan hukum karena kasusnya beberapa waktu yang lalu.

Sementara kekerasan ditonjolkan oleh sekelompok perusuh yang tak jelas dari mana asalnya. Ada banyak properti yang menggambarkan hal ini, terutama mobil ringsek yang telah dimakan api. Seakan Felipe Soares ingin mengatakan bahwa orang yang bebas diluar sana justru lebih banyak melakukan kejahatan daripada orang yang berada di balik penjara.

Dan NOAH pun akhirnya tetap terkurung dalam sebuah rumah, cuma bisa memandang kekacauan yang tengah terjadi.

Untuk kepahlawanan sendiri digambarkan dengan sederhana disini, intinya adalah seorang pria yang ingin melindungi keluarganya dari para perusuh.

Iklan

2 thoughts on “NOAH ‘Hero’: Kebebasan yang Diselingkuhi oleh Kekerasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s