Tuhan Dan Cara Berpikir Kita

Saya seorang muslim dan meskipun bukan muslim yang taat, tetapi setahu saya ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang membahas tentang alam semesta dan semua yang ada di dalamnya saya akui tidaklah menjelaskan semuanya dengan gamblang, agak misterius dan tidak atau kurang detail. Maksudnya adalah lewat Al-Qur’an Tuhan hanya memberi tahu pointnya saja selanjutnya adalah tugas manusia untuk berpikir sendiri dan mulai menelitinya atau mencari pembuktian.

url1

Karena memang pada hakekatnya manusia tak akan percaya pada sesuatu sebelum melihat dengan matanya sendiri, dan ini berlaku untuk semua orang. Akan tetapi Tuhan juga berfirman tak semua hal dapat dipahami secara lahiriah oleh manusia (jin, setan, alam gaib dll).
Sampai saat ini tak ada satupun makhluk hidup di dunia ini yang mampu menjelaskan asal usul alam semesta, kalau ini masih terlalu besar kita perkecil lagi bagaimana bulan tercipta kenapa sisi yang menghadap bumi selalu sama. Bahkan ada seorang peneliti yang berani berspekulasi bulan adalah buatan manusia. Kalimat terakhir tadi hanya bisa keluar dari pemikiran seorang yang meragukan Tuhan, meski ada juga kemungkinan akan hal itu. Yang pasti alam semesta tidak tercipta secara kebetulan dan terjadi ketika Tuhan sedang bersantai sejenak. Semua terlalu sempurna jika kesemua hal disekitar kita terjadi karena sebuah kebetulan semata.

Memang secara logika otak manusia tak akan mampu untuk mencari kesinambungan antara semua hal yang telah tercipta di alam semesta. Lewat proses berpikir seperti diatas diharapkan semua manusia mampu untuk berpikir kritis atas semua kejadian ini tanpa menutup kata hati tentang semua proses penciptaan yang berakar dari dalam kandungan Al-Qur’an.

Iklan

2 thoughts on “Tuhan Dan Cara Berpikir Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s